HMJ AKUTANSI STIE MANDALA JEMBER GELAR SEMINAR NASIONAL TAX AMNESTY

Pengertian tax amnesty adalah penghapusan pajak bagi wajib pajak yang menyimpan dananya di luar negeri dan tidak memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak lewat imbalan menyetor pajak dengan tarif yang lebih rendah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak orang-orang kaya di Indonesia yang memarkir dananya di luar negeri demi menghindari kewajiban membayar pajaknya.

d1

Himpunan mahasiswa jurusan akuntansi STIE Mandala Jember melaksanakan acara seminar nasional Tax Amnesty bertempat di gedung Serba Guna Bank Indonesia. Seminar kali ini megusung tema “ Tax Amnesty dalam Perspektif Akuntansi “. Seminar yang merupakan program kerja dari pengurus himpunan mahasiswa jurusan akuntansi STIE Mandala Jember periode 2015-2016. Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada para akademisi dan masyarakat luas tentang program pemerintah yaitu Tax Amnesty. Tutur Kaprodi akutansi Dra. Diana Dwi Astuti, M.Si

d2

Seminar nasional dibuka oleh Bapak Tamrin  asisten 2 bidang ekonomi dan pembangunan pemerintah kabupaten jember,  seminar yang sangat menarik untuk dikupas dari sudut pandang keilmuan akuntansi dan perekonomian secara makro. Pada seminar ini ada 3 pemateri yang sangat berkompeten dalam bidangnya. Pemateri pertama, Drs. Saman Abdul Aziz M.si yang merupakan dosen Universitas Merdeka Malang serta konsultan pajak.. Sedangkan pemateri kedua oleh Lukman , wakil deputi Kantor perwakilan wilayah Bank Indonesia Jember yang menjelaskan tentang Dampak Tax Amnesty terhadap Jawa Timur. Sedangkan pemateri ketiga,  Tim staff ahli dari KPP Pratama Jember yang berbicara mengenai tujuan, definisi dan Tata cara melakukan tax amnesty. Ujar ketua HMJ Akutansi Zainul Hasan.

 

d3

Dalam seminar tax amnesti dikupas bagaimana tax amnesty tahun ini dan seterusnya akan sangat membantu upaya pemerintah memperbaiki kondisi perekonomian, pembangunan dan mengurangi pengangguran, mengurangi kemiskinan serta memperbaiki ketimpangan. Kebijakan tax amnesti yang diharapkan dengan diikuti repatriasi sebagian atau keseluruhan aset orang Indonesia di luar negeri maka akan sangat membantu stabilitas ekonomi makro. Imbuh humas STIE Mandala  Jember Mustofa, SE,M.Si.(Humas)