STIE MANDALA JEMBER BEKALI MAHASISWA DENGAN PSIKOTES

Dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif STIE Mandala Jember, menyiapkan bekal bagi mahasiswa  melalui kegiatan psikotes dan workshop dengan tema “ Kiat-kiat menghadapi dunia kerja”.  Tujuan dari psikotes ini adalah untuk mengetahui kondisi psikolog atau karakter seseorang. Psikotes  merupakan salah satu rangkaian tes dalam kegiatan rekruitmen atau seleksi calon karyawan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui dan mengenali kepribadian seseorang lebih jauhvik-2

Apakah seseorang yang tidak lolos psikotes berarti bodoh, jawabannya belum tentu, karena pada intinya psikotes dilakukan untuk mencari kesesuaian antara orang dan suatu pekerjaan. Seseorang tidak diterima kerja bukan berarti dia pasti bodoh, tetapi karena dia kurang sesuai dengan gambaran orang yang di cari. Kriteria yang digunakan tidak hanya dari segii kemampuan intelektual. Melainkan juga dari perilaku kerja dan karakerteristik kepribadian; ujar Tamriatin Hidayah, SE,MP penanggungjawab kegiatan Psikotes.

vik-1

Salah satu jenis tes dalam psikotes adalah dalam bentuk hitungan, apabila kita sudah memliki potensi tersebut ,latihan bisa sedikti membantu. Semakin sering kita berlatih mengerjakan berbagai macam perhitungan, tentunya kita akan semakin mahair memecahkan soal perhitungan yang lain. Hasil Psikotes seseorang bisa berubah-ubah tergantung pada kondisi individu yang optimal,di dukung situasi sekitarnya. Psikoteslah yang menentukan diterima atau tidaknya seseorang dalam proses seleksi, setiap individu yang mengikuti psikotes harus mengerjakan tugas sendiri-sendiri, tidak menyontek dari peserta lain, karena hasil psikotes menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan lolos atau tidaknya seseorang dalam proses seleksi calon pegawai atau karyawan, disamping faktor penentu lain seperti  pengalaman, hasil tes akademis, tes kesehatan dan sebagainya.Untuk sebuah posisi misalnya, biasanya akan ada persyaratan akademis dan pengalaman tertentu. tutur Lia Rahmawati, SE,MAk koordinator kegiatan psikotes.

vik-3

Mengingat semakin kompetitifnya persaingan dunia kerja, STIE Mandala membekali mahasiswanya dengan psikotes. Hal ini dilakukan dengan tujuan dan harapan ketika mahasiwa STIE Mandala lulus, dan akan memasuki dunia kerja, mereka sudah mempunyai bekal bagaimana cara membuat surat lamaran, bagaimana menghadapi psikotes,dan wawancara. Imbuh Humas STIE Mandala Jember Mustofa,SE,M.Si.(Humas)