STIE MANDALA ADAKAN PELATIHAN KOMPENTENSI BEKERJASAMA DENGAN UPT-LK KABUPATEN JEMBER

STIE MANDALA ADAKAN PELATIHAN KOMPENTENSI BEKERJASAMA DENGAN UPT-LK KABUPATEN JEMBER

JEMBER-Ketatnya persaingan di dunia kerja tahun 2018 sebagai tahun untuk memberikan perhatian lebih pada investasi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Fakta menunjukkan jumlah lulusan pendidikan tinggi yang menganggur tinggi pada saat bersamaan, jumlah pekerja asing di Indonesia semakin meningkat.

Mengingat saat ini era globaliasasi persaingan dunia kerja tidak hanya bersaing dengan lulusan Perguruan tinggi nasional tetapi pekerja asing juga masuk ke Indonesia. Oleh karena itu perlu memahami apa kebutuhan pengguna lulusan pendidikan Tinggi dari berbagai Negara dan bagaimana cara lulusan perguruan tinggi memiliki keunggulan kompetititf untuk memenangkan persaingan kerja di dunia nasional maupun internasional.

Berangkat dari fenomena tersebut  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menyelenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK). Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Mahasiswa agar kedepannya siap terjun di dunia kerja.

Acara tersebut  diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober s/d 10 Desember 2018 bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Kerja Jember  yang bertempat di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala Jember.

Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tersebut diikuti kurang lebih oleh 45 orang Mahasiswa aktif dari angkatan 2015 atau semester tujuh yang terseleksi dari semua jurusan atau program studi (prodi) yang ada di kampus STIE Mandala Jember.

Peserta sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti Pelatihan tersebut, karena dengan adanya pelatihan yang diikutinya kedepannya dapat dijadikan suatu bekal untuk mencari kerja setelah lulus dari kuliah nantinya.

“Untuk masuk kedunia kerja didalam persaingan yang semakin ketat ini harapannya waktu tunggu mahasiswa setelah lulus kuliah dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan tidak lama. Karena indikator suatu perguruan tinggi dapat dikatakan berhasil apabila lulusan mahasiswanya lebih cepat mendapatkan suatu pekerjaan atau berwirausaha” Tutur Agustin HP, MM. diakhir sambutannya, selaku Ibu Ketua STIE Mandala Jember.

Dengan adanya Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tersebut, menjadikan suatu kebanggan tersendiri bagi Perguruan Tinggi Kampus STIE Mandala Jember. Karena mendapatkan suatu kesempatan atau peluang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi JATIM ini tidak mudah di dapatkan begitu saja.