KEMENRISTEKDIKTI Adakan Workshop Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik, Bekerjasama dengan STIE Mandala

KEMENRISTEKDIKTI Adakan Workshop Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik, Bekerjasama dengan STIE Mandala

Jember – KEMENRISTEKDIKTI (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan mengadakan workshop Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik bekerjasama dengan STIE Mandala. Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan jumlah jurnal ilmiah nasional terakreditasi, khususnya pada Perguruan Tinggi (PT) di wilayah Besuki Raya.

Kegiatan workshop ini berlangsung pada tanggal 25-26 Februari 2019 dan dibuka langsung oleh Hotmatau Daulay selaku PLT. Direktur Pengelola Kekayaan Intelektual sekaligus memberikan sambutannya. Pada sambutannya beliau menyampaikan bahwa penyelenggaraan workshop juga diarahkan pada daerah-daerah yang jauh dari kota besar, sehingga mampu mendorong riset di daerah supaya tidak hanya menggunakan riset sebagai pemenuhan angka kredit namun juga mengarahkan menjadi paten, teknologi tepat guna maupun kebijakan nasional. “Indonesia di ASEAN merupakan peringkat dua, setelah Malaysia. Apabila jumlah jurnal terakreditasi meningkat dan kualitasnya baik maka kita akan bisa mengungguli Malaysia.” Tambahnya.  Penyelenggaraan workshop ini dilaksanakan karena melihat adanya kebutuhan jurnal yaitu sebesar 14.000 jurnal. Sedangkan sekarang masih mencapai 8.000 jurnal dan 2.000 jurnal yang telah terakreditasi. Jurnal sendiri dibutuhkan sebagai media publikasi bagi dosen, mahasiswa maupun praktisi atas hasil penelitian yang mereka lakukan, karena itulah jumlahnya semakin meningkat sedangkan jurnal yang sudah ada masih terbatas.

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua STIE Mandala, Dra. Agustin HP, MM, beliau menyampaikan terimakasih kepada KEMENRISTEKDIKTI telah mempercayakan STIE Mandala dalam pelaksanaan workshop ini. Beliau juga menyampaikan bahwa peserta yang hadir dalam workhop ini merupakan pengelola jurnal yang ada pada PT masing-masing yaitu sebanyak 50 orang peserta dengan 28 Jurnal. Tidak hanya berasal dari Besuki Raya beberapa peserta juga berasal dari Mojokerto, Pasuruan dan Probolinggo.

Pemateri dalam workshop ini diantaranya adalah Dr. Lukman, ST, M.Hum selaku Kasubdit Fasilitas Jurnal Ilmiah yang menyampaikan mengenai kebijakan dan program Arjuna dan Sinta. aturan terkait dengan akreditasi jurnal ilmiah diatur dalam Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018. Pemerintah melalui Kemenristekdikti menyediakan dana guna pencapaian peningkatan jumlah jurnal terakreditasi, termasuk diantaranya pemberian hibah dan intensif bagi jurnal yang berhasil menjadi jurnal terakreditasi.

Selanjutnya Prof. Slamin, P.hD menyampaikan mengenai mutu dan penyuntingan artikel ilmiah dan pengecekan tata bahasa, Ide Bagus Siaputra terkait tentang etika publikasi dan pengenal tool plagiat, Dwi Fajar terkait dengan e-resource Kemristekdikti dan optimalisasi Mendeley, Tinton Dwi Atmaja mengenai setup website e-journal dan kelengkapannya sesuai yang dibutuhkan Akreditasi Arjuna dan Daniel Oranova mengenai verifikasi evaluasi diri Arjuna, kelengkapan dan submit Akreditasi.

 Output workshop ini diharapkan pengelola jurnal yang menjadi peserta mampu mengusulkan jurnalnya ke jurnal akreditasi dalam jangka waktu satu minggu. STIE Mandala sendiri telah memiliki dua jurnal yaitu Jurnal Relasi dan Jurnal MBA (Management and Business Application).