Gandeng BNI Jember Lakukan Seminar Bagi Mahasiswa S1 dan D3

Gandeng BNI Jember Lakukan Seminar Bagi Mahasiswa S1 dan D3

Jember-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala menggandeng BNI Jember menyelenggarakan Seminar dengan tema “Tantangan Perbankan di Era Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Maret 2019 di Auditorium lantai 2 STIE Mandala.

Seminar ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa Strata Satu (S1) dan Diploma Tiga (D3), khususnya bagi mahasiswa D3 Manajemen Keuangan dan Perbankan dan S1 Ekonomi Pembangunan.¬†Pada kesempatan tersebut dibuka langsung oleh sambutan Ketua STIE Mandala, Dra. Agustin HP, MM, beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan memperkenalkan berbagai prestasi yang telah diperoleh kampus STIE Mandala. “STIE Mandala merupakan satu dari 10 Sekolah Tinggi bidang Ekonomi terbaik di Wilayah Jawa Timur, selain itu dari 2.010 PTN dan PTS di Indonesia, STIE Mandala peringkat 132, serta akreditasi kami untuk institusi dan program studi S2 dan S1 sudah B” Ujarnya.

Pemateri seminar merupakan Kepala BNI Jember, Bapak Muhammad Fardian Harbani, SP, MM, dengan moderator seminar dibawakan langsung oleh Wakil Ketua I, Dr. Muhammad Firdaus, SP, MM, MP. Bapak Fardian, panggilan akrab pemateri, menyampaikan berbagai fenomena yang diakibatkan oleh perubahan teknologi di era revolusi 4.0, khususnya yang dialami langsung oleh sektor Perbankan. “Kehadiran financial technology¬†(fintech) saat ini sangat mempermudah industri perbankan dan lembaga keuangan lain dalam menjangkau calon nasabahnya. Bahkan calon nasabah hanya perlu melengkapi data-data pribadi untuk pengajuan pinjaman mereka dengan cara mengunggahnya kedalam sistem daring”.

Pada sesi tanya jawab mahasiswa sangat antusias untuk menanyakan berbagai pertanyaan kepada Bapak Fardian, salah satunya yang ditanyakan oleh Lia Nurfarida mahasiswa Prodi Akuntansi dan Ramzi mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan. Mereka menanyakan tentang bagaimana praktik penilaian terhadap 5C salah satunya Character bagaimana bank bisa menyeleksi karakter nasabah tanpa bertemu langsung.