PEMBUKAAN PELATIHAN AKUNTANSI DAN KEWIRAUSAHAAN KERJASAMA STIE MANDALA DAN UPT PELATIHAN KERJA KABUPATEN JEMBER

PEMBUKAAN PELATIHAN AKUNTANSI DAN KEWIRAUSAHAAN KERJASAMA STIE MANDALA DAN UPT PELATIHAN KERJA KABUPATEN JEMBER

Jember – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala mengawali kegiatan bulan April 2019 ini dengan pembukaan pelatihan Akuntansi dan Kewirausahaan bekerjasama dengan UPT Pelatihan Kerja Kabupaten Jember. Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk implementasi kerjasama STIE Mandala dengan UPT Pelatihan Kerja Kabupaten Jember sejak tahun 2013, melalui Soft Skill Entrepreneur Education Centre (SED-C).

Sebelum terselenggaranya pelatihan tersebut, sebanyak 80 calon peserta terlebih dahulu mengikuti seleksi tulis dan wawancara pada tanggal 19 Maret 2019 bertempat di Aula UPT Pelatihan Kerja. Tim pewawancara untuk kelas Akuntansi adalah Dra. Diana Dwi Astuti, M.Si, Lia Rachmawati, SE, M.Ak dan Nurshadrina Kartika Sari, SE, MM. Sedangkan untuk kelas Kewirausahaan adalah Drs. Sugiantono, MM dan Ahmad Sauqi, SE, MM.

Selanjutnya peserta dipilih sebanyak 16 orang pada masing-masing kelas kejuruan Akuntansi dan Kewirausahaan, dan pada tanggal 1 April ini pelatihan dimulai dengan pembukaan langsung oleh Ketua STIE Mandala, Dra. Agustin. HP, MM. Beliau menyampaikan dalam sambutannya “Pelatihan keahlian Akuntansi dan Kewirausahaan ini sudah lama menjadi bentuk kerjasama STIE Mandala dengan UPT Pelatihan Kerja Kabupaten Jember. Tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat luar, kompetensi seperti ini juga menjadi kompetensi tambahan bagi lulusan dari kampus kami. Disamping kompetensi Bahasa Inggris (TOEFL), komputer dan analisis portofolio saham. Kampus kami juga menyelenggarakan program Joint Degree dan Double Degree ke luar negeri seperti di Tiongkok dan Thailand.” Ungkapnya.

Kegiatan ini akan berlangsung sampai dengan tanggal 5 Mei 2019, dengan melibatkan sepuluh instruktur di masing-masing kelas keahlian. Pelatihan ini juga berlangsung setiap hari dengan durasi waktu selama 6 jam, tidak hanya teori yang disampaikan peserta juga akan mempraktekkan langsung keahlian yang diperoleh dalam bentuk Business Plan dan praktek penyusunan Laporan Keuangan baik secara manual dan dengan menggunakan software akuntansi. Instruktur yang terlibat seluruhnya adalah dosen dari STIE Mandala dengan kompetensi di bidang Akuntansi, Kewirausahaan, Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan Manajemen Pemasaran.