MAHASISWA KKN POSDAYA STIE MANDALA JEMBER SOSIALISASI DAMPAK PERNIKAHAN DINI, PERGAULAN BEBAS DAN HIV / AIDS PADA REMAJA

mandala

 

Pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) tahun 2016 berbasis pada program POSDAYA (Pos Pemberdayaan Keluarga) dengan membina kelompok-kelompok yang ada di masyarakat. Program berbasis Posdaya berorientasi pada beberapa kegiatan diantaranya Posyandu, BKB, PAUD, Koperasi, BKL, BKR, Arisan, Kegiatan Keagamaan, Pos KB, Kebun Bergizi. Benang merah yang dapat di ambil dari kegiatan KKN ini adalah Mahasiswa mampu menjangkau dan membina kelompok-kelompok yang ada dimasyarakat. Tutur Nely Supeni,SE,MM Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M).

Angka penderita HIV /AIDS yang semakin tinggi dari tahun ke tahun, memunculkan kekhawatiran tersendiri. Khususnya di kabupaten jember  , data terakhir yang dihimpun pada bulan juni 2016 mencapai 291 jiwa. Dan hal ini bisa bertambah, bahkan bisa lebih tinggi dari tahun 2015. Berangkat dari hal itu, mahasiswa KKN POSDAYA desa Gunungmalang kecamatan Sumberjambe mengadakan sosialisai dampak pernikahan dini, pergaulan bebas dan HIV/ AIDS pada remaja. Sosialisasi yang diadakan di SMPN 4 Sumberjambe, tepatnya di dusun Gayasan Desa Gunungmalang ini mendapat sambutan hangat dari para dewan guru dan masyarakat. Sosialisai ini menggandeng Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kabupaten Jember. Siswa sangat antusias mengikuti sosialisasi ini, karena   merupakan ilmu dan pengetahuan baru bagi mereka. Karena selama ini mereka tidak paham tentang HIV AIDS dan cara penularannya. Ujar Zainul Hasan Kordes KKN  desa Gunungmalang.

Masyarakat desa Gunungmalang mempunyai pemikiran yang salah terhadap HIV AIDS, dimana mereka menganggap HIV AIDS bisa menular melalui sentuhan kulit. Pada umumnya di desa Gunungmalang juga masih sering terjadi pernikahan dini, sosialisasi ini juga dihadiri oleh seluruh perangkat desa Gunungmalang, Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Gunungmalang. Diharapkan nantinya seluruh masyarakat bisa paham dan menyebarkan informasi tentang bahaya HIV AIDS ini kepada para warga. Agar masyarakat mencegah penularan, dan menekan angka penderita HIV AIDS. ”Imbuh humas STIE Mandala Jember Mustofa,SE.,M.Si.(Humas)