MAHASISWA KKN STIE MANDALA GALI POTENSI DESA

MAHASISWA KKN STIE MANDALA GALI POTENSI DESA

Jember – Setelah pada tanggal 25 Juli 2019 lalu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIE Mandala dilepaskan untuk melaksanakan kegiatan KKN pada dua Kecamatan yaitu Kecamatan Gumukmas dan Kecamatan Kencong, hingga saat ini telah banyak kegiatan mahasiswa yang dilakukan pada 12 desa di dua Kecamatan tersebut. Mahasiswa KKN STIE Mandala memfokuskan program kerja yang mereka kerjakan selama satu bulan ini yaitu pada Pendidikan, Lingkungan Hidup, Kesehatan dan Kewirausahaan.

Hingga minggu kedua ini telah banyak kegiatan yang sudah terlaksana diantaranya Kunjungan pada UMKM di masing-masing desa untuk menggali potensi desa dan melaksanakan pendampingan terhadap UMKM tersebut, Sosialisasi Pendidikan Tinggi maupun Bahaya NAPZA pada SMA dan SMP, pelaksanaan bimbingan belajar pada siswa SD di wilayah Posko KKN mahasiswa, Edukasi Teknologi Informasi, selain kegiatan tersebut mahasiswa juga memperoleh tugas dari Kecamatan untuk mendata potensi desa, UMKM termasuk juga kerajinan yang ada di desa, Petani Cabe Jamu, Masyarakat Miskin dan Program Keluarga Harapan (PKH), dan kampung kuliner.

Kegiatan KKN merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mentransformasikan ilmu yang diperoleh di kampus ke dalam program kerja yang dijalankan selama satu bulan di Desa, selain itu mahasiswa juga akan belajar beradapdasi dengan lingkungan masyarakat sehingga dapat diterima masyarakat dan akhirnya program kerja yang dijalankan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat.


Berbeda dengan tahun sebelumnya, KKN STIE Mandala sekarang difokuskan ke wilayah Jember Selatan setelah sebelumnya di Jember Utara. Hal ini atas permintaan instansi pemerintah setempat, dikarenakan Kecamatan Gumukmas dan Kecamatan Kencong sekarang sedang memfokuskan pengembangan potensi desanya untuk dapat memaksimalkan penggunaan dana desa yang diperoleh dari pemerintah pusat.

Selain KKN tematik yang sedang berlangsung ini, STIE Mandala juga memiliki jenis KKN lainnya yaitu KKN Taruna yang bekerjasama dalam kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) dan KKN Internasional yang bekerjasama dengan Badan Alumni Internasional Thailand Selatang. Ketiga program KKN tersebut merupakan kegiatan unggulan STIE Mandala yang dapat dilaksanakan mahasiswa STIE Mandala di semester VII.