LLDIKTI WILAYAH VII JAWA TIMUR TUNJUK STIE MANDALA SEBAGAI TUAN RUMAH DALAM PELAKSANAAN BIMTEK APLIKASI MISHEQA

Bimbingan Teknis Aplikasi MISHEQA

Jember – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala Jember menjadi tuan rumah dalam kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi MISHEQA (Management Information System for Higher Education Quality Assurance) yang merupakan program Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur.
Program ini ditujukan untuk memperkuat Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada dibawah LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur. Tercatat sebanyak 326 PTS yang berada dibawah LLDIKTI Wilayah VII yang dibagi menjadi empat (4) wilayah. Dimana Jember merupakan wilayah berlangsungnya BIMTEK Aplikasi MISHEQA untuk Angkatan IV.
Pada beberapa waktu lalu STIE Mandala juga ditunjuk oleh LLDIKTI Wilayah VII sebagai Pilot Project dalam Penguatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang pelaksanaannya pada 7 November 2018 bersama dengan 17 PTS di wilayah Jawa Timur. Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Dr. Muhammad Firdaus, SE, MP, MM menjelaskan “Melalui kegiatan tersebut STIE Mandala telah menerapkan SPMI yaitu berupa kepemilikan dokumen fisik dan non fisik berupa sosialisasi, diseminasi, pelatihan dan monev untuk dapat memenuhi satu siklus PPEPP. STIE Mandala juga telah memisahkan antara pengawasan akademik dan non akademik dengan adanya BPM dan SPMI yang rutin diselenggarakan melalui Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) dan Audit Mutu Internal (AMI)”. Sekretaris BPM STIE Mandala, Nanda Widaninggar, SE, M.Ak, Ak, CA juga menambahkan bahwa laporan keuangan STIE Mandala diaudit dan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
Aplikasi MISHEQA merupakan sistem informasi data penjaminan mutu yang ada di setiap Perguruan Tinggi dengan fungsinya untuk mempermudah LLDIKTI Wilayah VII memantau mutu PTS melalui sistem daring. Dengan aplikasi tersebut diharapkan LLDIKTI Wilayah VII memberikan pembinaan secara cepat dan tepat pada seluruh PTS di Wilayah Jawa Timur.
Ketua STIE Mandala, Dra. Agustin, HP, MM dalam sambutannya menjelaskan “Kami menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan program Sosialisasi dan BIMTEK penggunaan aplikasi MISHEQA ini, tentunya kami sebagai tuan rumah akan menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan demi lancarnya pelaksanaan program ini”.
Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Dr. Widyo Winarso Sekretaris LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, dalam sambutannya beliau menyampaikan “Membantu percepatan implementasi SPMI pada PTS di bawah LLDIKTI Wilayah VII dan akan dipermudah dengan adanya aplikasi MISHEQA bersama tim teknis. Selain itu saya mengucapkan terima kasih kepada STIE Mandala dan jajaran pimpinan atas dukungannya dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis ini”.
Acara tersebut akan dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa, 07-08 Oktober 2019, agenda pelaksanaan BIMTEK MISHEQA ini mengundang 68 peserta yang menjadi perwakilan dari masing-masing PTS yaitu PTS di Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Pasuruan, Lumajang, Probolinggo hingga Mojokerto. Setiap perwakilan mempersiapkan 33 dokumen pendukung kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi MISHEQA untuk dapat diunggah langsung selama kegiatan tersebut.

Materi terkait Bimtek Aplikasi MISHEQA
https://drive.google.com/open?id=1L4ZjYehpjBKAhVgfVQDUaroDiuFwegpY