KOMPETISI GAME INVESTASI PASAR MODAL SE-JAWA TIMUR 2019

JEMBER, 7 November 2019, STIE Mandala Jember merupakan salah satu Kampus Berprestasi yang memiliki berbagai Unit Aktivitas (UA) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Salah satunya adalah Unit Aktivitas Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) yang didirikan dibawah Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) STIE Mandala Jember. KSPM pada tahun 2019 ini mengadakan lomba Stocklab se-Jawa Timur.

Pada acara pembukaan Ketua STIE Mandala Jember, Ibu Dra. Agustin HP, MM. menyampaikan harapannya bahwa kegiatan bisa berjalan dengan lancar, “Kami sangat mendukung program-program seperti ini. Kegiatan ini merupakan pembelajaran sejak dini karna mahasiswa bisa mengenal atau menambah wawasan khususnya di bidang pasar modal. Mahasiswa nanti siap untuk mengembangkan atau membawa indonesia lebih maju melalu pasar modal.”

Acara ini juga dihadiri Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember, Bapak Azilsyah Noerdin. Beliau menyampaikan rasa terimakasihnya kepada STIE Mandala Jember karena membantu mengedukasi dan sosialisasi untuk mengembangkan pasar modal di Indonesia. Kemudian Kompetisi Stocklab ini merupakan gambaran dari pasar modal yang sesungguhnya. Tak lupa juga beliau menyampaikan apresiasi kepada STIE Mandala Jember karena termasuk galeri investasi yang cukup aktif dan mempunyai 200 rekening efek.

Sebanyak 50 peserta yang berasal dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tersebar di Jawa Timur yang terdiri dari Universitas Negeri Surabaya mengirimkan 1 angotanya, 11 anggota dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 9 anggota dari Universitas Muhamadiyah Sidoarjo, 5 anggota dari Universitas Jember, 6 anggota dari Universitas Muhamadiyah Jember dan sisanya berasal dari STIE Mandala Jember.

Kompetisi Game Investasi Pasar Modal 2019 diadakan di Auditorium STIE Mandala Jember lantai 2. Acara ini berlangsung dari pukul 08.00-14.30 WIB dan dimeriahkan oleh UKM Kesenian STIE Mandala Jember diantaranya penampilan akustik dan dance.

Ketua Umum Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Ramsy Ramadhani mengatakan bahwa “Stocklab ini adalah game untuk memperkenalkan saham yang beredar di Indonesia. Tujuan diadakan Stocklab ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar Kelompok Studi Pasar Modal Se-Jawa Timur dan antar Kepala Bank Indonesia Se-Jawa Timur. Alasan yang paling mendasarnya adalah untuk memotori kompetisi Pasar Modal khususnya di wilayah Jember. Sasaran kompetisi ini adalah PTN dan PTS yang berada di wilayah Jawa Timur.” Ujarnya.

Salah satu peserta lomba stocklab megutarakan bahwa “Kalo yang dulu waktu pertama kali itu degdegan tapi kalau yang sekarang ini santai, mungkin karena sudah terbiasa ya.” Ucap Ajeng Wisyodewi, salah satu perserta yang berasal dari Universitas Muhamadiyah Sidoarjo.

Memang acara stocklab ini membutuhkan kejelian, ketanggapan, kecermatan yang mana kita untuk terus berkonsentrasi terkait lomba tersebut, agar dalam kaitannya berinvestasi juga perlu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rohmatus Zahro Safani yang merupakan pemenang dari Stocklab Competition yang berasal dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menyampaikan bahwa “Untuk menjadi pemenang dalam lomba ini membutuhkan sebuah latihan-latihan yang rutin dan juga evaluasi setiap kali selesai latihan. Tak lupa juga dengan doa yang selalu dipanjatkan sebelum, ketika, dan sesudah bermain Stocklab.”

Semoga setelah diadakan stocklab ini dari STIE Mandala Jember, seluruh mahasiswa dapat memulai berinvestasi bahkan bisa bermain saham khususnya dapat meningkatkan pasar modal di Indonesia dan tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan dan berwirausaha sendiri.

By : LPM INVESTASI | STIE Mandala Jember