Seminar Nasional Dan Bazar Festival Wujud Nyata Dalam Peningkatan UMKM

JEMBER, 23 November 2019 UKM Kewirausahaan STIE Mandala Jember mengadakan Seminar Nasional dan Bazaar Festival dengan mengusung tema “Pemberdayaan Sektor UMKM dalam Rangka Meningkatkan PAD serta Sarana Mengentaskan Jurang Kemiskinan Melalui Kewirausahaan”. Seminar ini dihadiri oleh 174 peserta dari STIE Mandala Jember, Universitas Jember, dan STIA At – Taqwa Bondowoso dengan Tutuk Kurnia Wahyuningtias, S.H,. M.Pd. dan Adhitya Tri Arifianto sebagai pemateri. Bertempat di Auditorium Baru STIE Mandala Jember, kegiatan ini dihadiri oleh Riza Shahab sebagai Guest Star.

Seminar Nasional dan Bazar Festival ini merupakan serangkaian dari MYF (Mandala Young Preneur Fest) atau festivalnya Mandala. Setiap tahun UKM Kewirausahaan STIE Mandala memang mempunyai acara tahunan. Diawal tahun diadakan acara Bisnis Plan dan untuk penutupan tahun UKM Kewirausahaan STIE Mandala mengadakan Sminar Nasional Dan Bazar Festival. Jadi, di dalam acara tahunan MYF terdiri Seminar Nasional, Bazar Festival, Gebyar Mahasiswa dan Job fair.

Tujuan diadakannya acara Seminar Nasional dan Bazar Festival ini adalah untuk memberdayakan UMKM – UMKM yang ada di Jember.

“Peran kita sebagai mahasiswa di era 4.0 lebih merangkul UMKM –UMKM agar UMKM bisa lebih meluas dan terlihat, baik dari segi produk maupun pemasaran” ujar Tanti Melasari selaku Ketua Umum STIE Mandala Jember.

Acara ini dibuka dengan menerbangkan balon sebagai simbol dibukannya kegiatan Bazar Festival lalu dilanjukan dengan acara Seminar Nasional. Kegiatan Bazar Festival ini diikuti oleh beberapa Ormawa, diantaranya HMJ-A, UKM Kesenian serta UA LPM Investasi. Setiap Ormawa mengeluarkan produk unggulan mereka masing – masing. Contohnya HMJ-A menjual minuman Teh Poci, produk yang yang dibandrol dengan harga Rp. 5000 ludes diserbu oleh mahasiswa yang datang. Tidak hanya itu, HMJ-A juga menawarkan beberapa camilan dengan harga Rp. 5000 serta lampu lampion unik dengan harga Rp. 30.000 – Rp. 35.000. Bazar ini tidak hanya diikuti oleh beberapa Ormawa, namun juga diikuti oleh Legendaris Koka yang bergerak di bidang minuman kopi dan coklat. Ada beberapa varian yang ditawarkan, diantaranya yaitu kopi robusta, arabika, dan roska yang merupakan kombinasi arabika dan robusta. Harga yang  ditawarkan berkisar antara Rp. 18.000 – Rp. 150.000. Tutuk Kurnia Wahyuningtias selaku Owner Legendaris Koka menjelaskan bahwa tujuan utama mengikuti Bazar Festival ini adalah sebagai ajang untuk mengenalkan produknya.

Acara ini dilanjutkan dengan pembukaan Seminar Nasional, yang dibuka langsung oleh Drs. Karim Budiono, M.P selaku pembina UKM Kewirausahaan. Dalam paparannya beliau menjelaskan Seminar Nasional seperti ini sebisa mungkin diadakan setiap tahun.

“Saya sangat mendukung sekali dengan diadakannya acara Seminar Nasional seperti ini, bahkan Seminar Nasional seperti ini sebisa mungkin harus diadakan setiap tahun, jika bisa dilakukan seperti pameran dan bisa disinergikan dengan BI, karena BI sering mangadakan kegiatan pameran” ujar Karim Budiono selaku Pembina UKM Kewirausahaan STIE Mandala Jember.

Sebagai pemateri di acara Seminar Nasional ini, Tutuk Kurnia Wahyuningtias, S.H,. M.Pd. menyampaikan bahwa sebagai pengusaha muda kita harus memutuskan produk apa yang harus dijual, bagaimana cara kita menjual dan bagaimana strategi kedepannya.

“Inovasi juga sangat diperlukan agar tidak ketinggalan dengan yang lain. Jangan takut untuk mendirikan usaha, jangan takut untuk melangkah dan harus tetap semangat dalam menumukan inovasi – inovasi baru” ujar Tutuk Kurnia Wahyuningtias selaku owner Legendaris Koka.

Guest Star dalam acara ini dihadiri oleh Riza Shahab selaku owner Kopi Kesuwon. Dalam sesi wawancara beliau mengatakan bahwa antusias mahasiswa Jember begitu baik, harus lebih sering mengadakan acara seperti ini.

“Harapan saya semoga niat baiknya untuk memulai suatu usaha diberikan kelancaran, selalu semangat dan jangan putus asa. Naik turun sudah biasa, ketika lagi turun jangan patah semangat tetap fokus saja” ujar Riza Shahab selaku owner dari Kopi Kesuwon.

Dengan antusiame mahasiswa yang begitu besar terhadap Seminar Nasional dan Bazar Festival ini, peserta yang turut hadir dalam acara ini tidak hanya berasal dari kampus STIE Mandala Jember. Namun, kampus lain pun turut berpartisipasi dalam acara ini. Peserta dari STIA At-Taqwa Bondowoso mengungkapakan alasan mengikuti acara ini adalah untuk menambah wawasan dalam mengembangkan usaha yang sudah ia miliki.

Nurlailatus Subha selaku Ketua Panitia dalam acara Seminar Nasional dan Bazar Festival ini turut bahagia melihat antusiasme dari peserta Seminar Nasional dan Bazar Festival.

“Perasaan saya sangat lega, karena persiapan yang sudah dilakukan hanya membutuhkan waktu satu setengah bulan dapat diselesaaikan dengan lancar dan sukses. Harapan saya semoga UKM Kewirausahaan STIE Mandala Jember bisa mengadakan acara yang lebih besar dan bisa membuat STIE Mandala lebih dikenal lagi” ujar Nurlailatus Subha selaku Ketuaa Panitia.

By : LPM INVESTASI | STIE Mandala Jember