Institut Asia Malang Kunjungi STIE Mandala untuk Studi Banding

Photo By : Fajar Imanni

Jember, 22 Februari 2020 sebuah kehormatan bagi STIE Mandala Jember kedatangan rombongan dari  Institut Asia Malang guna melakukan studi banding terhadap kampus prestasi STIE Mandala Jember pada pukul 10.05 WIB.

Photo By : Fajar Imanni

Institut Asia Malang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di kota Malang dengan dipimpin oleh Rektor termuda di Indonesia dengan usia 27 tahun yakni ibu Risa Santoso dan pernah mengenyam bangku kuliah S1 di University of California, Barkley dengan jurusan Ekonomi kemudian melanjutkan pendidikan S2 nya di Harvard University dengan jurusan pendidikan.

Pada sambutannya, Ibu Dra. Agustin HP.,MM selaku Ketua STIE Mandala Jember menyambut baik kedatangan rombongan dari Institut Asia Malang tersebut.

“Mungkin nanti bisa langsung MOU ya Bapak Ibu atau kami dari STIE Mandala bisa menyambung tali silaturahmi ini dengan gantian ke Asia Malang.” Ujar beliau sembari tersenyum. Ibu ketua STIE Mandala Jember menyampaikan bahwa studi banding ini berjalan dengan santai. “Mari kita melakukan sharing-sharing santai saja hari ini.”

Pada kesempatan kali ini perwakilan dari Institut Asia Malang Bapak Fathur Rahman selaku wakil rektor satu bidang akademik menyampaikan permohonan maaf perihal ketidakhadiran ibu rektor pada studi banding kali ini.

“Kami mohon maaf bahwasanya Ibu rektor kami tidak bisa menemani silaturahmi hari ini karena ada kepentingan,” ujar beliau. Bapak Fatur Rahman juga menyampaikan tujuan dari studi banding ke kampus STIE Mandala Jember yakni ingin belajar perihal Kantor Urusan Internasional (KUI) di STIE Mandala Jember yang diharapkan nantinya Institut Asia Malang bisa belajar dari STIE Mandala Jember terkait beberapa kerjasama luar negeri

“Bapak Ibu, jujur kedatangan kami kemari tak lain adalah ingin mengetahui lebih lanjut tentang Kantor Urusan Internasional (KUI) STIE Mandala Jember yang telah banyak mengirimkan mahasiswa ke luar negeri, serta kami juga ingin belajar perihal penerbitan buku ajar.” Sambung Bapak Fatur Rahman, Wakil Rektor I Bidang Akademik dalam sambutannya.

Sesi penyampaian pada studi banding hari ini dimulai dari penyampaian bidang akademik STIE Mandala Jember oleh Wakil Ketua I Dr. Muhammad Firdaus, SE, MM, MP dan dilanjutkan oleh Sekretaris Badan Penjaminan Mutu (BPM) Nanda Widaninggar, SE, M.Ak, Ak, CA dan lantas dilanjut dengan bidang kemahasiswaan yang disampaikan oleh Wakil Ketua III Drs. Zainollah, M.Si. Pada sesi penyampaian program-program unggulan STIE Mandala Jember yang disampaikan oleh Ibu Nurshadrina Kartika Sari, SE, MM selaku Kepala KUI, beliau menyampaikan bahwa masalah umum yang biasanya dialami oleh ketika awal memulai kerjasama baru dengan Perguruan Tinggi Mitra luar negeri adalah terkait penawaran program kepada mahasiswa.  

“Program jangka panjang minimal 1 tahun lebih diminati oleh mahasiswa dibandingkan yang hanya 1 bulan, karena pada program Joint Degree kami mahasiswa juga memperoleh kesempatan untuk magang di perusahaan luar negeri dan memperoleh penghasilan dari kegiatan magang itu. Sehingga bisa membantu pembiayaan yang dikeluarkan selama 1 tahun di luar negeri, khususnya di Thailand.” Jelasnya.

Ada beberapa pertanyaan yang dilayangkan oleh pihak Institut Asia Malang, salah satunya perihal tingkat kesulitan yang dialami oleh mahasiswa yang berminat berkuliah di luar negeri.

“Tingkat kesulitannya mungkin karena mahasiswa Jember ini kan kondisinya sederhana jadi tidak mudah untuk melakukan pertukaran perlajar ke luar negeri tersebut. Namun kami mengawali dengan adanya beasiswa unggulan dari STIE Mandala Jember dan bila menginginkan kuliah ke luar negeri dipersilakan.” Ujar Ibu ketua STIE Mandala Jember.

Terungkap bahwa jumlah nominal bagi penerima beasiswa unggulan di STIE Mandala Jember selama satu tahun yakni sebesar Rp 42.000.000. Dan itu sangat menguntungkan bagi mahasiswa  yang menginginkan kuliah ke luar negeri dengan beasiswa tersebut.

“Yayasan STIE Mandala Jember ini memang kuat Bu, kampus njenengan ini sangat terkenal di Malang sebagai kampus tua namun cerdas.” Begitu ujar pihak Institut Asia Malang.

Acara studi banding ini yang berakhir sekitar pukul 12.30 WIB  ditutup dengan penyerahan cinderamata dari masing-masing perguruan tinggi swasta tersebut lantas disusul dengan foto bersama.

Penulis berita: Tanti Melasari

Redaksi: Tanti Melasari

LPM INVESTASI | STIE Mandala Jember