Gelar MEC, Kaprodi Akuntansi: “Ini bukan lomba Akuntansi,”

Photo By : Rofif Iskandar

Untuk menguji sebuah kemampuan, adakalanya kita perlu mencoba apa-apa yang menjadi sebuah ketakutan, sebuah rintangan ataupun mengikuti sebuah tantangan. Selain menyelamatkan pengetahuanmu, hal semacam ini pasti akan menyelamatkan mimpimu.

Seperti yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) STIE Mandala Jember pada hari ini, 15 Maret 2020 bertempat di auditorium lantai satu, Mandala Economic Competition (MEC) 2020 digelar dengan tema “Optimalisasi Peran Generasi Milenial yang Mandiri dan Berdaya Saing dalam Menghadapi Revolusi Indsutri 4.0”. Acara yang merupakan kegiatan tahunan ini dimulai pukul 08.30 WIB dibuka langsung oleh Kepala Prorgam Studi (kaprodi) Akuntansi, Ibu Dra. Diana Dwi Astuti, M.Si.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kompetisi yang diselenggarakan oleh HMJA bukanlah lomba akuntansi melainkan kompetisi ekonomi secara umum.

“Ini lomba ekonomi, bukan lomba akuntansi. Jadi, di sini apa-apa yang menjadi trend, atau masalah-masalah ekonomi yang terjadi secara keseluruhan. Karena seperti yang kita ketahui suatu perusahaan tidak hanya dipengaruhi oleh internal, tetapi juga eksternal. Seperti virus Covid-19 yang memengaruhi prekonomian dunia, Indonesia juga akan terpengaruh. Kompetisi ini tentang ekonomi secara umum.”

Ketua umum HMJA STIE Mandala Jember, saudara Sofriman ketika ditemui oleh tim LPM INVESTASI STIE Mandala Jember, menyampaikan maksud dan tujuannya menggelar kompetisi MEC ini tak lain adalah untuk menunjukkan bahwa inilah lomba ekonomi tingkat internal. Bukan hanya sekadar lomba, melainkan untuk mengasah otak dan kemampuan.

“Jadi di sini, tujuan kami (HMJA) mengadakan lomba ini adalah untuk memperluaskan juga untuk menunjukkan bahwa inilah lomba ekonomi tingkat internal. Semoga untuk kedepannya bisa mengadakan lomba se-Jember. Tidak hanya untuk lomba, ajang ini untuk mengasah otak dan kemampuan.”

Dalam penyampaiannya juga, Sofriman menyampaikan bahwa target utama dalam kompetisi ini adalah seluruh mahasiswa-mahasiswi STIE Mandala Jember angkatan 2019, tak hanya berasal dari Program Studi (Prodi) Akuntansi saja melainkan dari Manajemen, Ekonomi Pembangunan maupun D3 Ekonomi Keuangan dan Perbankan diperbolehkan untuk mengikuti kompetisi ini.

Photo By : Rofif Iskandar

Dalam acara ini, MEC berhasil menggaet 71 peserta dengan 67 peserta dari Prodi Akuntansi,  1 Manajemen Bisnis dan 3 peserta dari Ekonomi Pembangunan. Dengan juri yakni Ibu Wiwik Fitria Ningsih, S.E.,M.Akun, Ibu Nurshadrina Kartika Sari, S.E., M.M dan Bapak Muhdar, S.E.,M.M yang merupakan dosen STIE Mandala Jember.

Dengan melewati tiga babak perlombaan, babak pertama Multiple Choice, kedua Mistery Ask dan ketiga Show Your Competence  Cindra Latul Hutriah berhasil keluar sebagai juara pertama. MEC tahun 2020. Dalam kesempatan ketika di wawancara oleh tim, Cindra, sapaan akrabnya sangat mengapresiasi acara ini

“Sukses dan bagus acaranya. Jujur, enggak nyangka kalau bisa jadi juara. Soalnya persiapan juga seadanya apalagi presentasi tadi dapat materi yang sulit menurut saya. Dan sebenarnya di awal juga semisal kalau saya menang ya alhamdulilah, enggak menang juga tidak masalah karena kan dapat pengalaman.” Ujar Cindra. 

Dalam sebuah kesempatan, Fika Avivah selaku ketua panitia menyampaikan perasaan leganya ketika acara berlangsung lancar hingga akhir. Mengingat kendala dalam setiap acara itu pasti ada dan pasti dialami oleh kepanitiaan.

“Persiapan kompetisi ini dari awal hingga akhir pasti ya ada kendala. Mulai dari pembuatan soal, penginputan peserta pendaftaran dan lain-lain juga. Tapi saya sebagai ketua panitia lega dan senang acara ini bisa berjalan yang berarti apa yang sudah direncanakan mulai awal rapat sampai akhir bisa berjalan.”

Photo By : Rofif Iskandar

Acara yang berakhir pukul 17.55 WIB ditutup dengan penyerahan piala serta uang tunai kepada ketiga pemenang kompetisi MEC yakni juara pertama atas nama Cindra Latul Hutriah, kedua Nanda Nurul dan ketiga Galuh Ambarwati, yang langsung diberikan oleh dewan juri.

Reporter: Rofif Iskandar, Novia Nur Aliftiani

Penulis Berita: Tanti Melasari

Redaksi dan Pengembangan: Tanti Melasari

LPM INVESTASI | STIE Mandala Jember