Mahasiswi STIE Mandala Jember Turut Serta Dalam Program DIASPORA Thailand

Photo By : Uknown

Menjadi sebuah kebanggaan adalah cita-cita manusiawi semua orang. Terbukti, mahasiswa STIE Mandala Jember saudari Munawaroh dan Yayan Nofitaning Tyas berhasil menorehkan rasa bangga bagi keluarga maupun civitas akademika, STIE Mandala Jember. Melalui program Joint Degree ke Rajamangala University of Technology Krungthep (RMUTK) kedua mahasiswi tersebut aktif mengikuti beberapa kegiatan.

Photo By : Uknown

Salah satunya yang dilakukan oleh saudari Munawaroh, mahasiswi manajemen bisnis tersebut aktif menjadi relawan dalam program yang dilakukan oleh DIASPORA Thailand. Waroh, sapaan akrabnya mengajar Bahasa Indonesia yang diadakan setiap hari Minggu pukul 10.00-12.00 waktu Thailand di Masjid Jawa, Bangkok, Thailand. Mereka terdiri dari anak-anak usia tujuh tahun sampai dewasa umur 80 tahun. Terdiri dari berbagai profesi seperti tukang ojek, guru, pedagang, siswa yang merupakan warga sekitar Masjid Jawa.

Photo By : Uknown

Program Mengajar Bahasa Indonesia ini merupakan program DIASPORA Thailand, yang menurut Waroh merupakan program yang sangat menarik.

Photo By : Uknown

“Hari ini pertama saya mengajar, karena sebelumnya saya hanya mendampingi, saya memberikan materi tentang kekeluargaan atau kekerabatan. Sangat menyenangkan sekali, bisa bercengkrama dengan warga sekitar, sama-sama belajar, saya belajar bahasa Thailand, dan orang thailand belajar bahasa Indonesia. Ini program yang sangat menarik menurut saya.” Ujar Waroh ketika berkesempatan melakukan komunikasi via whatsapp dengan pihak STIE Mandala Jember.

Photo By : Uknown

Bapak Rangsan selaku Pengurus Masjid Jawa, juga sangat senang dan mengapresiasi program ini. Menurut beliau warga Thailand sangat berantusias, mengingat banyaknya pendatang dari Indonesia yang mengunjungi Masjid Jawa, jadi mempermudah komunikasi dengan warga Thailand dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Photo By : Uknown

Waroh juga menyampaikan bahwa selain Masjid Jawa, di Thailand juga terdapat kampung jawa yang sebagian besar penduduknya beragama muslim. Selain itu, tak hanya di Thailand, program DIASPORA ini juga terdapat diberbagai negara seperti Malaysia, China, Singapura dan sebagainya.

Penulis Berita: Tanti Melasari

Redaksi dan Pengembangan: Tanti Melasari

LPM INVESTASI | STIE Mandala Jember