Jember – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hingga hari ini, telah merubah banyak aktivitas tanpa terkecuali kegiatan pendidikan dan pengajaran di STIE Mandala Jember. Demi mendukung himbauan pemerintah untuk memutus rantai virus tersebut dengan berkegiatan di rumah, STIE Mandala Jember juga memberlakukan pembelajaran daring mulai 18 Maret 2020.

Tidak hanya pembelajaran daring, kegiatan lain yang juga menggunakan sistem daring sehingga mahasiswa tetap bisa memperoleh pelayanan yang baik disituasi pandemi ini adalah terkait kegiatan bimbingan Tugas Akhir, Skripsi hingga Tesis juga secara daring menggunakan media Whatsapp maupun Email. Sedangkan kegiatan akademik lain seperti Seminar Proposal, Seminar Hasil dan Ujian Skripsi ataupun Tesis juga dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom, Webex dan lain-lain.

Seperti salah satu mahasiswa bernama Farida Ratnawati yang merupakan mahasiswa Program Studi Akuntansi, Farida melaksanakan Ujian Skripsi pada hari Sabtu, 18 April 2020 lalu. Adanya himbauan pemerintah untuk tidak berpergian keluar rumah apalagi keluar daerah, membuat Farida tidak dapat hadir langsung di Jember dikarena Farida merupakan pegawai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember yang telah dipindahtugaskan di Surabaya.

Farida diuji langsung oleh tiga penguji yaitu Dra. Agustin HP, MM, Dra. Diana Dwi Astuti, M.Si dan Lia Rachmawati, SE, M.Ak dengan mengambil tema penelitian tentang Analisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah merger (studi kasus pada PT BPR Anugrahdharma Jember). Metode yang digunakan untuk mengukur analisis kinerja keuangan tersebut adalah rasio Du Pont. Ketiga penguji mengapresiasi kesiapan Farida dalam melaksanakan Ujian Skripsi kendati harus melalui sistem daring.

Setelah mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya dan diujikan oleh penguji akhirnya Farida dinyatakan lulus. Diakhir ujian Farida menyampaikan kesannya mengikuti ujian daring, “saya merasa senang dan bangga terhadap Almamater saya, karena keinginan saya mengikuti ujian skripsi ditengah pandemic Covid-19 bisa terwujud dan berjalan lancar” dia menambahkan bahwa “dengan sistem daring ini dan kemudahan akses teknologi informasi yang dimiliki kampus, saya merasa sangat terbantu sehingga bisa lulus tepat waktu.”

Leave a Comment