Jember – Pandemi COVID-19 tidak menghalangi Program Magister Manajemen (MM) STIE Mandala melaksanakan program transfer kredit internasional dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri pada Semester Ganjil 2020/2021 ini. Selama satu semester 30 mahasiswa STIE Mandala mengikuti perkuliahan daring pada Institute of Business (IOB) Timor Leste. Program ini merupakan bentuk komitmen STIE Mandala dalam meningkatkan kompetensi dan daya saing mahasiswanya untuk mencapai visi STIE Mandala agar mampu berdaya saing nasional dan internasional.

Program Transfer Kredit Internasional ini merupakan program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Melalui Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bersama 53 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Pelaksanaan program transfer kredit ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa di bidang akademik yang berwawasan keilmuan internasional dan menciptakan suasana akademik baru dalam rangka mewujudkan program “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta tercapainya transfer knowledge yang bermutu atas berbagai keterbaruan ilmu pengetahuan secara berkelanjutan.

Selain itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama internasional STIE Mandala dalam rangka mencapai salah satu visi dan rencana strategis STIE Mandala menuju World Class University, serta mendukung internasionalisasi sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia. Untuk mendukung pelaksanaan program transfer kredit, STIE Mandala telah melakukan perbaikan dan peningkatan kapasitas pengelolaan kerjasama internasional sebagai wujud lesson learning dari hasil pelaksanaan program-program kerjasama luar negeri yang telah dilakukan sebelumnya. 

Untuk memaksimalkan kerjasama dalam bidang akademik tersebut, sebelumnya pada 2018 STIE Mandala telah melakukan penandatangan MoU dengan IOB Timor-Leste dan keberlanjutan kerjasama saat ini telah dipayungi dalam MoA yang ditandatangani pertengahan bulan September 2020 lalu oleh Dr. Agusto D. Soares selaku Rektor IOB Timor Leste dan Dr. Suwignyo Widagdo selaku Ketua STIE Mandala.  Tidak hanya mahasiswa STIE Mandala yang berkuliah daring di IOB dengan dosen-dosen internasional, mahasiswa IOB juga diperkenankan mengikuti perkuliahan daring di STIE Mandala sebagai bentuk mutual benefit bagi keberlanjutan kerjasama tersebut.

Setelah adanya kerjasama transfer kredit dengan IOB Timor Leste, diharapkan ada kegiatan lanjutan berupa Program Double Degree untuk mahasiswa S2, Joint Research antara dosen STIE Mandala dan dosen IOB Timor Leste. Program ini juga diharapkan dapat menjadi ajang promosi dalam rangka meningkatkan jumlah mahasiswa Magister Manajemen dan dapat menjadikan Program Studi Magister Manajemen STIE Mandala menjadi tujuan utama bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studinya pada jenjang Strata 2 (S-2).

Leave a Comment