Penandatangan nota kesepakatan serta seminar bertajuk Peran STIE Mandala dalam Mendukung Ijen menuju Unesco Global Geopark digelar di Gedung Auditorium STIE Mandala, Senin (25/1) kemarin. Agenda ini dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Dra Retno Wulandari MM, Ketua Pengurus Harian Ijen Geopark Arif Setyo Raharjo SST Par MSi, Ketua STIE Mandala Dr Suwignyo Widagdo SE MM MP, serta Wakil Ketua 1 Dr Agustin HP MM. Dimoderatori oleh Dr Dedy Wijaya Kusuma ST MPd, kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan daring di mana masyarakat umum yang ingin menyimak dan menggali informasi dapat langsung mengakses channel Youtube STIE Mandala.

Ketua STIE Mandala Dr Suwignyo Widagdo SE MM MP memaparkan, STIE Mandala akan ikut peran serta dalam mendukung Ijen Geopark menuju UNESCO Global Geopark. Dukungan sumber daya manusia dengan bergeral doktor sebanyak 10 orang, kandidat doktor lima orang dan magister 22 orang serta staf teknis yang memiliki potensi, digadang-gadang mampu membawa STIE Mandala berada pada klaster Sangat Baik.

“STIE Mandala siap berkolaborasi dengan Pengurus Harian Ijen Geopark dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan peran masyarakat dalam pengelolaan geopark, perluasan kesempatan berusaha serta peningkatan pendapatan masyarakat dan daerah, membangun tata kelola yang profesional, terpadu dan berkelanjutan untuk menjamin terwujudnya keterpaduan pembangunan geopark yang berkelanjutan,” tuturnya. Irisan peran STIE Mandala melalui pembelajaran, riset dan pengabdian dosen dan mahasiswa yaitu pembelajaran bisa dilakukan di lapangan. Salah satunya seperti di BUMdes yang berada di destinasi Ijen Geopark, membuat kajian ilmiah tentang Ijen Geopark, dan pengabdian melalui mobilisasi mahasiswa baik melalui KKN atau program lain. “Dengan adanya MoU, sangat dimungkinkan seluruh kegiatan riset internal dan pengabdian dibuatkan tema payung tentang pengembangan Ijen Geopark. Sehingga seluruh dosen STIE Mandala nantinya akan melakukan penelitian yang bertema Ijen Geopark,” pungkasnya.

Leave a Comment