Jember – Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala kembali berhasil mengukir prestasi dalam Kompetisi Accounting Week Call For Papers (AW CFP) tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh STIE YKPN Yogyakarta. STIE Mandala mengirimkan satu tim delegasi yaitu Rizal Heriyanto, Arief Perdana Yanaviansyah dan Vira Safira. Tim ini berhasil meraih Juara II Kompetisi Accounting Week Call For Papers (AW CFP) 2021 dengan mengambil judul paper di bidang perpajakan yaitu “Digitalisasi Sistem Administrasi dan Relaksasi Perpajakan Terhadap Intensi Dalam Memitigasi Risiko Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru.Tim dibimbing langsung oleh Nanda Widaninggar, S.E., M.Ak., Ak., CA., CIQaR.

Ketua Tim, Rizal Heriyanto menjelaskan bahwa latar belakang lahirnya karya penelitian tersebut dipicu oleh fenomena setahun belakangan ini yaitu pandemi Covid-19, dimana pandemi ini dinyatakan sebagai bencana non-alam yang mempengaruhi stabilitas ekonomi dan juga penerimaan negara Pemerintah RI. Sehingga perlu upaya pengaturan dalam rangka mendukung penanggulangan dampak pandemi Covid-19 yang semakin meluas ke berbagai sektor termasuk sektor Perpajakan. Kelebihan penelitian ini yaitu penggunaan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) yaitu suatu pendekatan untuk memprediksi niat dan perilaku individu secara lebih spesifik dan memaparkan beberapa faktor yang mempengaruhi niat wajib pajak dalam kepatuhan wajib pajak.Tujuan karya penelitian ini sebagai ajakan kepada Wajib Pajak untuk tidak menunda kewajiban perpajakan di Era Adapatasi Kebiasaan Baru ini.

Tim ini mengaku bangga dapat membawa nama STIE Mandala Jember menjadi salah satu Juara dalam Kompetisi bergengsi ini, dimana nilai paper milik tim STIE Mandala tertinggi diantara dua Perguruan Tinggi lain yang memasuki babak final yaitu sebesar 244,5.

Ketua STIE Mandala, Dr. Suwignyo Widagdo, SE, MM, MP menjelaskan bahwa STIE Mandala selalu mendukung penuh kegiatan mahasiswa untuk berkompetisi diluar kampus dan mampu membuktikan prestasi mereka mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Hal ini penting bagi mahasiswa dalam proses mempersiapkan diri ketika nanti lulus dari kampus STIE Mandala. 

Leave a Comment