Pada Kamis, 20 Mei 2021, Tax Center Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala bersama Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah Jawa Timur III dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jember, melaksanakan Sharing Session dengan mengusung tema “Inklusi Kesadaran Pajak pada Perguruan Tinggi”.

Acara yang dihadiri oleh pihak DJP Kanwil Jawa Timur III, pihak KPP Pratama Jember, Pimpinan STIE Mandala, Dosen, Relawan Pajak, dan Relawan Pajak Non Mahasiswa. Kegiatan ini penting karena membahas adanya rencana penyisipan materi “Kesadaran Pajak” pada Mata Kuliah Wajib Umum di STIE Mandala. Tujuannya adalah sedini mungkin membangun kesadaran pada generasi muda untuk taat membayar pajak demi mendukung pembangunan nasional.

Pajak merupakan sumber penerimaan negara yang berperan penting dalam pembangunan, sedangkan kenyataannya selama 12 tahun terakhir negara mengalami shortfall pajak (Kekurangan Penerimaan), dengan kata lain target penerimaan pajak selama 12 tahun terakhir tidak tercapai. Berdasarkan hal inilah Direktorat Jenderal Pajak membuat program dengan menggandeng Perguruan Tinggi berupa menyisipkan materi kesadaran pajak pada mata kuliah-mata kuliah sebagai upaya membangun kesadaran membayar pajak pada generasi muda sejak dini.

Keberlanjutan rencana penyisipan materi tentang kesadaran pajak di Perguruan Tinggi akan dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) hingga Monitoring dan Evaluasi (Monev) untuk memastikan bahwa komponen materi kesadaran pajak masuk kedalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah hingga pada proses penilaian mata kuliah.

Selain membahas masalah tersebut, DJP Kanwil Jatim III juga mengapresiasi Buku Perpajakan hasil karya dosen-dosen STIE Mandala yang menjadi bentuk implementasi kesadaran membayar pajak berupa buku ajar mata kuliah. Idham Budiarso Kabid P2Humas Kanwil DJP Jawa Timur III mengungkapkan “Kami apresiasi kontribusi STIE Mandala dalam mendorong peningkatan kesadaran mahasiswa dan masyarakat untuk sadar dalam membayar pajak melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Untuk selanjutnya diharapkan keberlanjutan kerjasama ini, khususnya dalam pengembangan Kurikulum dan Kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dapat dilaksanakan bersama keduanya.

Leave a Comment