Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala kembali menjadi pemenang bantuan dana penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Program Studi (Prodi) yang diusulkan mengikuti program PJJ adalah Prodi S1 Akuntansi, dimana pada beberapa waktu lalu juga memperoleh dana bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

Program PJJ yang ditujukan untuk mendorong dalam menghasilkan beragam model pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TIK) yang dapat memfasilitasi penyelenggaraan Merdeka Belajar, meningkatkan engagement dan mampu menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0. STIE Mandala menjadi salah satu dari 101 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang akan menyelenggarakan Program PJJ pada Semester Ganjil 2021/2022 mendatang.

Pelaksanaan pembelajaran PJJ ini akan diselenggarakan oleh PTS peraih program bersama dengan Mitra PT yang berada di Daerah 3T (Terluar, Tertinggal dan Terdepan). Tujuan pemilihan Mitra di Daerah 3T adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja sama antar perguruan tinggi dan mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 7 yaitu kelas yang kolaboratif dan partisipatif.

STIE Mandala menggandeng STIE Rahmaniyah Sekayu – Sumatera Selatan untuk melaksanakan program pembelajaran PJJ ini, dimana STIE Rahmaniyah Sekayu akan mengirimkan 15 mahasiswa dari Prodi S1 Manajemen untuk mengikuti perkuliahan secara daring di STIE Mandala, dimana empat (4) mata kuliah pilihan yang diikuti mahasiswa telah disepakati bersama dengan ekuivalensi nilai mata kuliah setara 12 SKS.

Dr. Desi Ulpa Anggraini, S.E., M.Si, Ketua STIE Rahmaniyah Sekayu menyampaikan “Kami sangat senang dengan adanya program kerja sama dalam bidang Pendidikan Jarak Jauh, karena mahasiswa kami bisa merasakan atmosfer belajar yang berbeda di STIE Mandala. Penggunaan Learning Management System (LMS) berupa e-learning, video pembelajaran dan pertemuan menggunakan media Zoom Meeting akan mempermudah mahasiswa memahami materi perkuliahan walaupun dengan daring”.

“Kami telah menyusun perangkat pembelajaran dengan metode Blended Learning, mempersiapkan modul interaktif  dan video pembelajaran agar mahasiswa dapat mencapai Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) secara optimal” Tambah Nurshadrina Kartika Sari, SE, MM, Ka.Prodi Akuntansi STIE Mandala.

Leave a Comment