Jember – Senin, 29 November 2021 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala Jember menyelenggarakan acara penandatanganan kesepahaman bersama beberapa lembaga di Auditorium Lantai 2 STIE Mandala Jember. Terhitung ada 6 badan lembaga yang melakukan perjanjian dengan STIE Mandala, yaitu Badan Pusat Statistik (BPS) Jember, Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Jatim, Kantor Pengawasan dan Pelayanan (KPP) Beacukai Jember, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jember, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jember, dan PT Indosat Ooredoo.


Kegiatan yang dimulai sejak pukul 10.29 WIB ini memiliki tujuan yang besar bagi STIE Mandala Jember. Dr. Suwignyo Widagdo, S.E., M.M., M.P selaku Ketua STIE Mandala Jember juga mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini sejalan dengan misi kampus yang ingin menciptakan lulusan unggul dengan daya saing tinggi.

“Misi kita seperti yang mungkin sering kita tulis, yaitu menjadi perguruan tinggi terkemuka di bidang ekonomi bisnis berbasis teknologi informasi, berdaya saing nasional dan internasional. Untuk itulah kita kembangkan kerjasama ini agar mimpi itu tercapai. Kita harus melakukan kolaborasi dan komunikasi dengan stakeholder, supaya kita punya referensi baru. Lulusan mandala harus punya identitas. Jadi nanti diproses pembelajaran, mitra bisa juga mengajar di sini. Baik untuk riset, pendampingan, atau penelitian,” ujarnya.

Untuk menanggapi hal ini, pihak-pihak terkait juga sudah selaras dengan tujuan yang diharapkan STIE Mandala Jember. Dukungan besar juga sudah diberikan melalui program-program lanjutan untuk menghasilkan lulusan yang bisa berdampak besar di bidang ekonomi. Salah satu mitra yang ikut dalam tujuan besar ini adalah KPP Beacukai Jember. Maksi Trivandi M. mewakili Bagian Umum KPP Beacukai Jember menyampaikan, bahwa nantinya akan dirumuskan perihal program yang akan dijalankan.


“Kedepannya kita bisa memberi pemahaman, materi, dan perkualiahan tentang ekspor, impor, bagian internasional, cukai, dan sebagainya. Jadi mahasiswa tidak hanya dari segi keilmuwan,
tapi juga bisa praktik turun ke lapangan. Nantinya kita bisa membuat tahapan-tahapan programnya dan membiacakan lebih lanjut,” ungkapnya dalam sesi wawancara.

Disetujuinya perjanjian beberapa lembaga terkait dengan STIE Mandala Jember juga bukan tanpa alasan. STIE Mandala Jember adalah kampus yang fokus pada bidang ekonomi. Maka dari itu, hal inilah yang menjadikan beberapa lembaga terkait ikut andil dalam menciptakan program unggul. Arif Joko Sutejo selaku Ketua BPS Jember juga menyampaikan alasan mengapa STIE Mandala menjadi pilihan untuk mencanangkan program lanjutan.

“Ini momen pertama kita bisa berkolaborasi. Jadi, Mandala yang pertama. Ini harus kita kembangkan dengan yang lainnya. Kita MOU dengan STIE Mandala untuk berbagai hal, misalnya meningkatkan SDM. Lalu, mungkin ada SDM kami yang perlu lanjut S2 bisa di STIE Mandala Jember,” katanya.

Dr. Suwignyo Widagdo, S.E., M.M., M.P mengungkapkan harapan untuk STIE Mandala Jember. Harapan ini terfokus untuk STIE Mandala Jember, mahasiswa, dan mitra terkait.
“Harapannya, kita ingin bagaimana cita-cita itu bisa kita wujudkan. Baik dari sisi akademik, penelitian, atau pengembangan,” pungkasnya.

Acara yang berakhir pada pukul 11.45 WIB ini termasuk acara yang sangat penting untuk STIE Mandala Jember ke depan. Tidak hanya itu, baik mahasiswa maupun mitra terkait juga akan mendapat dampak baiknya. Sehingga, bisa dikatakan akan ada sinergi yang positif dengan kegiatan yang diadakan pada hari ini. Melalui program-program yang akan dicanangkan, harapan besar masih terus berkembang untuk menciptakan generasi unggul dengan daya saing tinggi.


Reporter : Tim LPM Investasi STIE Mandala Jember
Penulis Berita : Novia Nur Aliftiani

Leave a Comment