JEMBER – Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala Jember kembali meraih prestasi dalam bidang olahraga khususnya pencak silat. Melalui Kejuaraan Nasional Bandung Lautan Api Championship yang diselenggarakan pada 20 hingga 22 Desember 2021 di Bandung, mahasiswa STIE Mandala meraih enam medali.

Kemenangan ini diraih oleh bagus Akhsanu Amalan dengan medali emas. Sedangkan lima medali perak diraih oleh Yuli Suryaningrum, Isna Alvina Alwy, Tria Nur Octavia, Robi Amrulloh, dan Alex Zandra. Ada dua kategori yang diikuti dalam kejuaraan ini. Pertama adalah kategori tanding, dan yang kedua kategori seni. Sedangkan mahasiswa STIE Mandala sendiri diwakilkan oleh tiga orang di kategori seni, dan tiga orang di kategoti tanding.

Bandung Lautan Api Championship adalah suatu kejuaraan nasional yang diikuti oleh berbagai jenjang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa yang berasal dari seluruh Indonesia. Kisaran peserta pada ajang ini adalah sekitar tujuh ribu peserta. Oleh sebab itu, kompetitor dalam ajang ini juga sangat banyak dan bisa dijadikan acuan tersendiri untuk para pesertanya.

Dengan adanya tingkat kompetisi yang besar ini, tentunya mahasiswa STIE Mandala memiliki strategi tersendiri hingga bisa meraih sebuah kemenangan. Bagus Akhsanu Amalan selaku peraih medali emas mengungkapkan strategi ini.

“Kalau namanya tanding, kalah menang itu pasti. Tapi kalau kita lebih berusaha, maka kemenangan bisa kita dapat. Kita harus berusaha melawan tanpa mencederai lawan. Ketika menghadapai lawan, tingkat fokus harus lebih tinggi. Sekali lengah, maka lawan bisa mengalahkan kita,” ujarnya.

Layaknya kejuaraan lainnya, mahasiswa yang sudah mengharumkan nama STIE Mandala ini juga memiliki hambatan tersendiri. Namun, mereka optimis bisa menghadapi kejuaraan dan berbagai hambatan yang ditemui.

“Setiap pertandingan pastinya memiliki lawan berbeda dengan tingkatan berbeda. Ini merupakan hambatan tersendiri. Maka dari itu, saya tidak boleh berpuas diri. Karena saya berpikir setiap event pasti menemukan hambatan dan lawan yang berbeda lagi. Selain itu, untuk meraih kemenangan juga harus konsisten dengan menghadapai hambatan yang ada,” tambah Bagus dalam kesempatan wawancara.

Dengan adanya prestasi ini, maka STIE Mandala Jember kembali membuktikan bahwa menciptakan mahasiswa yang unggul dan berprestasi adalah suatu pencapaian yang sudah dilakukan. Dr. Lia Rachmawati, S.E., M.Ak selaku Wakil Ketua III juga sangat mengapresiasi prestasi mahasiswa yang sudah dihasilkan ini.

“Kalau apresiasi, pastinya akan lebih memotivasi mahasiswa. Ketika menghadapi dunia kerja harus punya skill. Kalau hanya memakai ijazah maka akan kurang. Sedangkan banyak kompetitor dengan berbagai kelebihan. Maka mahasiswa harus memiliki soft skill tinggi yang bisa dijadikan modal. Kembali lagi, Bu Lia tidak bisa bekerja sendiri. Kita butuh dukungan dari kalian, dari semua Ormawa. Kita harus satu visi. Kampus kita kampus prestasi. Maka kita harus bekerja sama dalam meningkatkan prestasi mahasiswa. Nantinya, prestasi itu akan kembali pada mahasiswa juga,” tuturnya.

Menanggapi hal yang sama, Dr Suwignyo Widagdo, S.E., M.M., M.P selaku ketua STIE Mandala Jember juga menuturkan bahwa tidak ada hal yang instan. Tentu ada pendampingan dan dorongan besar dari kampus untuk memunculkan prestasi-prestasi yang ada.

“Tentu sangat senang dengan adanya prestasi baru ini. Ketika mahasiswa punya prestasi, itu target kita. Baik secara akademik maupun non-akademik. Kita dukung seluruh potensi mahasiswa. Untuk melakukan itu biayanya sangat besar. Artinya, kita sepakat bahwa jika ada niatan untuk memperoleh prestasi maka kita dorong. Kita dorong mahasiswa yang punya prestasi. Kemudian yang belum, kami minta untuk menginventarisasi potensi-potensi itu. Apa pun yang mengarah ke arah prestasi, maka akan kita dorong,” ungkapnya.

Sebagai tambahan, Dr Suwignyo Widagdo, S.E., M.M., M.P juga menegaskan bahwa bukan lagi harapan untuk maju ke depan. Namun wujud nyata dengan melakukan pengembangan potensi-potensi yang ada.

“Harapannya kami tidak hanya harapan, tapi kami akan terus kembangkan. Sehingga teman-teman yang punya prestasi itu akan punya ruang. Kami akan bekerja sama dengan berbagai pihak. Sehingga saat lulus, bisa kami salurkan ke arah sana.”

Dengan adanya prestasi yang baik ini, tentunya bisa dijadikan acuan dan dorongan baru untuk segala pihak di STIE Mandala Jember. Baik itu untuk mahasiswa, maupun untuk dosen. Rencana ke depan pasti ada. Untuk menyiapkan prestasi lanjutan ini, maka proses latihan masih terus dilangsungkan bersamaan dengan dorongan dari pihak kampus.

Reporter          : Novia Nur Aliftiani, Vifky Choirun Nissa

Penulis Berita  : Novia Nur Aliftaini

Leave a Comment