TELEPON / FAX (0331) 334324 (0331) 3304941
E -MAIL stie-mj@stie-mandala.ac.id

PROGRAM STUDI D3 KEUANGAN & PERBANKAN

d33e

 

Profil Prodi D-III

 Program Studi Diploma Tiga STIE Mandala Jember didirikan pada tanggal 23 Mei 1986 dengan SK Mendikbud No. 0395/O/1986 dengan jurusan Manajemen Perusahaan dan  jurusan Manajemen Keuangan & Perbankan. Selain itu, status Terdaftar telah diperbaharui pada tahun 1993 dengan SK Dirjen Dikti Nomor: 275/Dikti/Kep/1993 tanggal 10 Mei 1993. Pada tahun 2002 program studi Manajemen Keuangan dan Perbankan mendapatkan status Terakreditasi dengan nilai C. Status tersebut tertuang dalam SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 001/BAN-PT/AK-I/DPL/III/2002. Pada tahun 2010 Program Studi Diploma III Manajemen Keuangan dan Perbankan mendapatkan akreditasi B sesuai dengan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 012/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/VIII/2010. Kemudian pada tahun 2011, untuk merespon perubahan dalam dunia perbankan, yang kemudian diikuti dengan berubahnya kurikulum, Program Studi Diploma III Manajemen Keuangan dan Perbankan lebih menekankan konsentrasinya atau minat studi mengarah pada manajemen dan perbankan .

Selain itu penyebaran informasi lembaga dilakukan melalui program studi juga menggunakan media di luar kampus baik cetak maupun elektronik. Pengelolaan informasi ada yang ditangani oleh suatu kepanitiaan ataupun ditangani secara rutin oleh bagian penunjang akademik seperti humas.

Kegiatan peningkatan dan pengendalian mutu program studi dilakukan secara sistematis melalui Badan Penjaminan Mutu di STIE Mandala Jember dan disempurnakan melalui unit-unit penunjang untuk upaya peningkatan kinerja evaluasi dan pengembangan kelembagaan guna menyelaraskan dengan tuntutan jaman sehingga lulusan dapat diserap oleh pasar kerja.

 

Visi dan Misi

 

Visi

Menjadi Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan yang terpercaya, terpilih, memiliki keunggulan Kompetitif berkelanjutan mampu menghasilkan lulusan yang Kompeten berjiwa Entreprenuer mengenguasai Informasi , Komunikasi Tehnologi dan berdaya saing Nasional.

 

Misi

  1. Mengembangkan Program Studi manajemen Keuangan dan Perbankan yang Transparan, akuntabel berbasis Tehnology Informasi dan Komunikasi.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan yang berbasis Manajemen Keuangan Perbankan,berorientasi pada perkembangan dunia usaha dan Industri untuk mendukung lulusan yang memiliki jiwa Entreprenuer dan punya daya saing Nasional.
  3. Menciptakan suasana akademik yan Kondusif untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Keuangan dan Perbankan.
  4. Melaksanakan dan meningkatkan Penelitian yang Kreatif,Inovatif dan bernilai Ekonomi dengan fokus Manajemen Keuangan dan Perbankan.
  5. Menyelenggarakan Pelatihan dan Konsultasi sesuai dengan Kompetensi dan kebutuhan masyarakat.
  6. Menjalin kerja sama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan,Pemerintah,Dunia Usaha,Perbankan,Industri dan Institusi yang lain serta Masyarakat.

 

Tujuan

  1. Terselengaranya Pendidikan Vokasi Pada Bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan
  2. Menyediakan Sarana Prasarana yang mendukung terselenggaranya Pendidikan Vokasi Pada Bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan
  3. Tersedianya Media Pembelajaran yang mendukung pendidikan Vokasi di Bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan
  4. Terbentuknya Kelembagaan yang Mengelola Jejaring dengan Stake holder yang mendukung Penyelenggaraan pendidikan Vokasi, dalam Bentuk Tenaga Pendidik, Instruktur, Tempat Magang,Praktek Kerja dan Penempatan Kerja.
  5. Mendukung Aktivitas Kelembagaan Internal Yang Berkaitan dengan Kegiatan Penempatan Kerja dan Trecer Study.

 

Profil Lulusan

Bank officer , Costumer Service officer

        Profil  lulusan D3 Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan substansial diarahkan pada penguasaan kompetensi bidang keuangan yang diperlukan oleh pengguna dan penyandang dana misal perusahaan dan lembaga pemerintah

 

Financial Dealer dan Broker

Secara Substansial diarahkan pada penguasaan kompetensi bidang keuangan yg diperlukan instansi keuangan Lembaga Keuangan Bank dan Lembaga Keuangan non Bank

Teasurer

(Tax Officer, Cash Office) yang diarahkan pada penguasaan keuangan yg diperlukan pasar uang seperti Pasar Uang dan Pasar Modal.

 

Ketrampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan komunikasi bisnis yg efektif dilembaga keuangan,pasar uang dan pasar modal
  2. mampu menerapkan standart layanan perbankan sesuai SOP yang ditetapkan BI
  3. Mampu menggunakan sistem/aplikasi teknologi perbankan terkini secara tepat.
  4. Mampu mensupervisi transaksi keuangan di bank sesuai ketentuan BI
  5. Mampu melakukan transaksi atas jasa pembayaran
  6. Mampu merekomendasi jenis jenis investasi yang berlaku di BEI

 

Industri pengguna

Profil Industri dan Perusahaan dimana para alumni menempuh karir dalam bidang industri keuangan dan perbankan

 

Keunggulan Lulusan

Penggunaan Kurikulum Berbasis KKNI yang dibutuhkan Usaha dan Industri.