TELEPON / FAX (0331) 334324 (0331) 3304941
E -MAIL stie-mj@stie-mandala.ac.id

STRUKTUR BPM

 

BADAN PENJAMINAN MUTU (BPM)
STIE MANDALA

 

Nama Badan Penjaminan Mutu
Alamat Jl. Sumatera 118-120 Jember
Nomor Telepon (0331) 334324
Faximile (0331) 330941
Email BPM bpmstiemandala@gmail.com
Website www.stie-mandala.ac.id

 

bpm

 

 

 I BADAN PENJAMINAN MUTU

Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPMPT) bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan mutu perguruan tinggi, yang dijalankan oleh perguruan tinggi secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya, serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan Tri Dhama Perguruan Tinggi. Penjaminan mutu adalah kegiatan yang sistematis, terstruktur, dan terus menerus terhadap pemeliharaan dan peningkatan mutu akademik. Termasuk di dalamnya adalah adanya proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi yang dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada seluruh pemangku kepentingan dan pengguna.

Sejak tahun 2007, STIE Mandala telah menerapkan SPMPT yang dikoordinasikan oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) STIE Mandala. Pada awalnya, badan ini bernama Badan Penjaminan Mutu Pendidikan STIE Mandala (SK Ketua Nomor 14/STIE.Mand/Q/2007 tertanggal 30 Juli 2007), kemudian direvisi menjadi Badan Penjaminan Mutu (BPM) STIE Mandala (SK Ketua Nomor 14/STIE.Mand/Q/2009). Personalia Badan Penjaminan Mutu di STIE Mandala diangkat dan bertanggungjawab langsung kepada Ketua STIE Mandala.

Pada tahun 2010, untuk lebih menjamin akuntabilitas dan obyektivitas kinerja, STIE Mandala memandang perlu merestrukturisasi tim BPM berdasar Surat Keputusan Ketua Nomor IlA/STIE.Mand/Q/2010 tertanggal 10 Mei 2010. Dalam perkembangannya, terdapat pergantian Ketua dan Sekretaris BPM berdasar Surat Keputusan Ketua Nomor 77/STIE.Mand/C/2015 tertanggal 31 Desember 2015.

Badan Penjaminan Mutu (BPM) STIE Mandala dibentuk untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan di kampus mengarah kepada  Good University Governance. Seluruh kegiatan di kampus diterapkan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan. Seluruh SOP tersebut meliputi prosedur-prosedur kegiatan yang harus dipatuhi oleh semua sivitas akademika STIE Mandala.

II VISI BPM

“Mewujudkan penyelenggaraan penjaminan mutu internal untuk akuntabilitas publik demi tercapainya   cita-cita luhur STIE Mandala”.

III.  MISI BPM

  • Melaksanakan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik
  • Meningkatkan kualitas pelaksanaan sistem penjaminan mutu pada unit kerja di lingkungan STIE Mandala
  • Melaksanakan audit atas sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik
  • Melakukan monitoring, evaluasi dan melaporkan secara berkala atas pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik
  • Melakukan pengembangan secara berkelanjutan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik

 IV RUANG LINGKUP PENJAMINAN MUTU

Dengan mengacu kepada visi dan misi STIE Mandala, sistem penjaminan mutu akademik mencakup:

  1. Standar akademik, sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan akademis, meliputi kesesuaian tingkat mutu proses pembelajaran dengan tujuannya, keterbaruan kurikulum, serta pencapaian tujuan kurikulum.
  2. Mutu pembelajaran, meliputi mutu dan motivasi dosen, daya tarik dan relevansi mata kuliah, keefektifan metode pembelajaran, manajemen perkuliahan, tanggapan mahasiswa, pengembangan pengetahuan mahasiswa, serta pemahaman atau kompetensi yang diperlukan untuk tingkatan yang dibutuhkan.
  3. Mutu dukungan pelayanan kepada mahasiswa dan dosen oleh unit layanan akademik dan prasarana administrasi.
  4. Membuat perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem Penjaminan mutu program studi.
  5. Tingkat pencapaian mahasiswa, meliputi hasil penilaian formal, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kemajuan studi, dan tingkat pencapaian lulusan (alumni) dalam memperoleh pekerjaan beserta penghargaannya.
  6. Mutu penelitian dan pengabdian, meliputi mutu proses dan produk penelitian dan pengabdian.
  7. Tingkat kepuasan pengguna lulusan (stakeholders).

V MEKANISME PENJAMINAN MUTU AKADEMIK INTERNAL

untitled-1