TELEPON / FAX (0331) 334324 (0331) 3304941
E -MAIL stie-mj@stie-mandala.ac.id

LAYANAN KEPADA MAHASISWA MANAJEMEN

Layanan kepada Mahasiswa :

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya  
(1) (2) (3)  
1 Bimbingan dan konseling Bentuk Kegiatan:

1) Bimbingan akademik

2) Bimbingan Kuliah Kerja Usaha (KKU)

3) Bimbingan Skripsi

Pelaksanaannya:

1) Pembantu Ketua Bidang Akademik menerbit kan SK penugasan bagi dosen untuk menjadi pembimbing akademik mahasiswa baru. Selan jutnya proses bimbingan akademik dilaku kan secara rutin setiap awal semester, dan secara tidak rutin sesuai dengan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa. Kegiatan bimbingan aka demik ini terdiri dari:

a).  Konsultasi rencana studi (KRS),

b). Konsultasi kendala dalam mengikuti proses pembelajaran,

c). Konsultasi terkait dengan ketentuan  akademik dan tata tertib perkuliahan.

 

2) Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat memberikan surat tugas pada Dosen pembimbing Kuliah Kerja Usaha (KKU). Dosen pembimbing melakukan pembimbingan mulai dari kegiataan observasi lokasi (KKU), penentuan program kerja, memonitor dan mengevaluasi pe laksanaan KKU dan evaluasi akhir kegiatan mela lui ujian

 

3) Pembantu Ketua Bidang Akademik menerbit kan Surat Tugas pembimbingan skripsi pada dosen pembimbing skirpsi. Mahasiswa melakukan seminar proposal dengan dosen pembimbing skripsi dan dihadiri oleh mahasiswa lainnya (minimal 10 mahasiswa). Selajutnya mahasiswa melakukan pembimbingan pada dosen pem bimbing skripsi, dimana rata-rata pembimbingan skripsi 8 kali. Setelah mendapat persetujuan dari dosen pembimbing, mahasiswa melaksanakan ujian skripsi.

 

Hasil:

Tersusunnya Kartu Rencana Studi (KRS) untuk semester berikutnya dengan baik.

Tersusunnya laporan akhir dan nilai KKU.

Skripsi dan nilai ujian skripsi

 

 

 

 

 

 

 

2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler) Bentuk kegiatan:

Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ-M)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olah Raga, Kesenian, Keagamaan, IMAPALA, dan KSR

Paduan Suara

Pelaksanaan :

HMJ-M bekerjasama dengan KUI, melakukan kegiatan Lomba Pidato bahasa inggris tingkat SMA/SMK pada tahun 2015 se-Besuki Raya, HMJ-M bekerjasama dengan Bank Indonesia Jember melaksanakan seminar Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), Secara rutin HMJ-M Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk mahasiswa baru.

Mahasiswa manajemen mengikuti pameran POSDAYA di Bank Indonesia pada tahun 2015

Unit unit kegiatan mahasiswa melakukan kegiatan sesuai dengan program kerja yang telah disusun dan disetujui oleh Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan misalnya untuk UKM Olah Raga menyelenggarakan lomba/ kejuaran futsal dan Basket antar SMA serta Fakultas Perguruan Tinggi (diselenggarakan setiap tahun), UKM kesenian mengadakan malam kesenian  latihan rutin.

Kelompok paduan suara mengadakan latihan rutin, untuk mempersiapkan kompetisi dan kegiatan internal.

 
(1) (2) (3)
3 Pembinaan soft skills Bentuk Kegiatan:

Pelatihan, Kuliah Umum.

 

Pelaksanaan:

Pada saat PPSM mahasiswa baru dibekali dengan beberapa materi tentang soft skills antara lain : Wawasan kebangsaan dari Kodim Jember, Pendidikan anti koropsi, NAPZA dari  Polres Jember, Kecerdasan Holistik dari team dosen STIE Mandala.

Selama kuliah di STIE Mandala diadakan Pelatihan Kepemimpinan, Pelatihan Jurnalistik, Sekolah Pasar Modal, Pengenalan Otoritas Jasa Keuangan

Bagi Mahasiswa yang akan diwisuda diberikan kuliah umum tentang wawasan berwirausaha (menghadirkan owner dari perusahaan Cening Ayu Denpasar bapak Rabani

Hasil :

Dengan adanya kegiatan pembinaan soft skills akan menambah wawasan dan wacana dalam beraktivitas

 

4

 

Beasiswa

 

 

Bentuk Kegiatan:

Pemberian Beasiswa.

Pelaksanaan :

Dilakukan dengan cara pendaftaran, seleksi bagi mahasiswa yang tidak mampu dan berprestasi, penentuan penerima beasiswa.Adapaun Jenis Beasiswa yang terdapat di STIE Mandala antara lain, Bidik Misi, Unggulan, PPA, BBP-PPA, dan beasiswa Yayasana (beasiswa prestasi dan beasiswa khusus)

Hasil:

Penerimaan Beasiswa Unggulan (BU) ,  BU Dalam Negeri TA 2013/2014 sejumlah 9 mahasiswa, TA 2014/2015 dan TA 2015/2016 = 0, sedangkan BU Luar Negeri TA 2013/2014 sejumlah 2 mahasiswa, TA 2014/2015 sejumlah 2 mahasiswa  dan TA 2015/2016 sejumlah 1 mahasiswa.

Beasiswa Bidik Misi mulai  TA 2013/2014 sejumlah 7 mahasiswa, TA 2014/2015 sejumlah 5 mahasiswa  dan TA 2015/2016 sejumlah 6 mahasiswa

Beasiswa PPA dan BBP-PPA TA 2013/2014 sejumlah 27, mahasiswa, TA 2014/2015 sejumlah 26 mahasiswa  dan TA 2015/2016 sejumlah 25 mahasiswa.

Beasiswa Yayasan mulai TA 2013/2014 sejumlah 50 mahasiswa, TA 2014/2015 sejumlah 63 mahasiswa  dan TA 2015/2016 sejumlah 71 mahasiswa

5 Kesehatan Bentuk Kegiatan:

Klinik Medika Mulia, Assuransi Kecelakaan,

Pelaksanaan:

Setiap mahasiswa mendapatkan hak berobat gratis di Klinik Medika Mulia untuk penyakit-penyakit umum seperti batuk, pilek, demam, diare, pemeriksaan gigi, dsb. Baik rawat inap dan rawat jalan.

Keikutsertaan mahasiswa dalam asuransi kece lakaan yaitu pada saat mahasiswa tersebut mengi kuti program KKU dan KKL, diharapkan dengan mengikuti asuransi kecelakaan tersebut dapat meminimalkan resiko ketika terjadi kecelakaan di lokasi KKU dan KKL.

Hasil:

Mahasiswa dapat berobat gratis

Terdaftar sebagai peserta assuransi selama 1 tahun